12/27/2020

Suka Duka Menjadi Blogger

Portal Ibetulin, Jakarta - Suka duka menjadi blogger. Tidak semua orang yang memutuskan untuk menjadi seorang Full Time Blogger akan menjadi sukses. Diantaranya ada yang harus menerima kenyataan gagal, frustasi, beralih ke usaha lain atau bahkan kembali menjadi seorang karyawan. 

Suka Duka Menjadi Blogger

Ini adalah sebuah pilihan yang sulit, padahal internet menjanjikan peluang yang sangat besar baik untuk pasar lokal maupun global. Agar tidak salah melangkah, ada baiknya bagi anda para blogger terlebih dahulu memahami tujuan dan jenis bisnis apa yang ingin anda masuki. Untuk memilih jenis bisnis yang cocok untuk anda, ada 4 faktor yang perlu anda perhatikan.


Menentukan Jenis Bisnis


Tentukan Jenis Bisnis. Sebelum menjadi Fulltime Blogger ada baiknya anda memilih dahulu jenis bisnis apa yang akan anda pilih, tentukan juga target yang hendak dicapai. Misalnya anda ingin menjadi seorang Affiliate, Product Owner, Dropshipper, Web designer atau seorang Publisher PPC (Adsense dkk).

Targetkan hanya satu jenis bidang dulu dan anda harus tulis “SEGEDE GAJAH” earning yang anda mau. Misalnya saya mau menjadi Publisher Adsense dengan Minimal Earning $1000/bln dalam 1 tahun pertama.

Ingat langkah pertama ini akan sangat menentukan langkah anda kedepannya, karena tanpa target yang jelas anda akan bingung ditengah jalan dan PASTI akan LATAH mengikuti setiap bisnis Internet yang ada dan akan lupa dengan target utama. So, mulailah dengan menulis target anda.


Ukur Kemampuan Diri


Kenali Pribadi Anda. Sebagai seorang blogger, biasanya kita cendrung ingin mendapatkan hasil yang besar secara cepat (saya juga gitu sih hehe) Tapi coba anda ukur dulu kemampuan anda, “masa sih baru kenal internet 1 bulan mau langsung dapet USD1000/bln?, mana ngga’ fokus lagi” :D 

Jadi kenali apa sebenarnya yang anda inginkan, tapi biasanya sih kalo nanti sudah fulltime blogger dan sudah ada pemasukan tiap bulannya, anda akan lebih mudah mengexplore apa yang dimau dan akan sangat mudah untuk ber”manufer”/mencoba jenis bisnis yang lain (karena untuk mencoba suatu bisnis di internet kadang membutuhkan biaya minimal $150 -$500 lho :D )


Motivasi Terus Melangkah


Setelah anda menemukan jenis bisnis yang cocok, dan paling tidak sudah menunjukan grapik yang meningkat (misalnya terjadi penjulan dari promosi anda atau ada peningkatan earning Adsense) jadikan ini sebagai motivasi dan terus pelihara motivasi ini agar tidak “tergoda” dengan iming-iming jenis “make money” online lainnya minimal untuk 1 tahun kedepan dan yang paling penting anda masih terus bersemangat untuk terus menjalankan metode yang sudah menghasilkan ini.

Cintai Bisnis Anda. Gimana mau dapet hasil kalo anda sendiri ga cinta dengan pekerjaan anda, okelah saat ini mungkin sebagian dari anda masih bekerja tapi paling tidak ada “nyawa” ditubuh anda yang menginkan untuk menjadi fulltime blogger dan seharusnya anda sudah tahu seluk-beluk perbloggeran seperti gimana cara beli hosting, gimana install wordpress dll. 

Pemahaman hal-hal yang kecil akan semakin meminimalisasi kegagalan ;) so kalo dulu-dulu pernah beli ebook dan belum bisa menghasilkan dari ebook tersebut, ambil hikmahnya anda pasti mendapatkan suatu ilmu baru dari ebook tersebut yang mungkin akan berguna dimasa yg akan datang, kecuali yang anda beli ebook sampah hehehe :D


Pantang Menyerah


Terakhir …… Jangan heran kalo dalam memulai menjadi blogger banyak masalah yang ditemui, jalani aja selagi anda punya mentor untuk bertanya , bertanyalah. Kalo ga punya mentor ya tanya sama Om GOOGLE :D , banyak kegagalan karena kurang kreativitas, kurang fokus dan kurang menghargai (sok tahu dan sotoy :D )


Demikianlah coretan tentang suka duka menjadi blogger, semoga bermanfaat. (Zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar