12/24/2020

Cara Kerja Search Engine Optimization

Podium Ibetulin, Jakarta - Cara Kerja Search Engine Optimization. Search Engine Optimization adalah proses sedemikian rupa agar website atau blog yang kita miliki bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari. Mimin mengupayakan pembuatan artikel ini agar memenuhi kaidah SEO agar muncul pada hasil pencarian.

Cara Kerja Search Engine Optimization

Ini adalah topik yang tidak pernah habis dibahas oleh para webmaster, developer, blogger, pemasar serta siapa saja yang mengelola sebuah website/blog. Mimin sendiri kalau tidak salah perkiraan sudah mulai menekuni selama beberapa tahun. Itupun dirasakan belum semua mimin ketahui.  

Dengan kita memahami cara kerja search engine optimization banyak peluang yang akan kita dapatkan. Sebut saja ketika website ini merupakan sebuah penyedia barang/jasa, besar kemungkinan kita akan mendapatkan pembeli/klien.

Search Engine Optimization Techniques


Dalam istilah SEO dikenal beberapa teknik, antara lain White Hat, Grey Hat dan Black Hat. Cukup menarik sih istilah-istilah tersebut. Mungkin kalau dalam istilah supranatural, ada ilmu putih serta ilmu hitam.

Begitu juga dengan SEO, ada teknik sesuai arti warnanya. Menurut mimin, hampir jarang sekali yang menggunakan teknik White Hat dalam melakukan optimasi mesin pencari.

Namun bukan hal yang mustahil apabila kita sudah mengerti prinsip kerja mesin pencari serta mengetahui kata kunci tingkat persaingan rendah, maka ribuan pengunjung akan berkunjung ke website kita secara natural.

Jika ingin lebih mendalami teknik white hat, perdalam saja cara pembuatan artikel pilar menggunakan rumus golden keyword serta rule 63. Ini adalah ilmu yang mimin sendiri baru saja mengetahuinya.

Dengan bantuan tool sederhana yang nyaris gratis, anda bisa bersaing dengan website-website besar diluar sana.

Bagaimanakah Proses SEO


Berdasarkan pengalaman mimin sendiri, proses SEO dimulai dari pembuatan artikel ramah mesin pencari, ini berkaitan dengan riset kata kunci yang menggunakan rumus Golden Keyword dan Rule 63 tadi. Selanjutnya kita melakukan pengaturan beberapa hal pada mesin CMS yang kita pasang dalam website kita.

Dua hal ini, pembuatan artikel dan pengaturan mesin CMS termasuk dalam proses ON PAGE. On Page adalah proses penguatan diri dari dalam website itu sendiri.

Selanjutnya perlu dilakukan proses OFF Page dimana kita melakukan proses penguatan diri website dari luar website dengan mendapatkan sebuah tautan balik. Tautan balik ini sendiri ada yang berkualitas ada yang kurang berkualitas.

Dengan melakukan proses OFF Page, kita meningkatkan skor website kita agar angkanya semakin tinggi. Angka yang tinggi ini akan mempengaruhi kepercayaan mesin pencari untuk cepat melakukan crawling, indexing dan memberikan peringkat.

Website dengan skor tinggi, akan mendapat prioritas robot mesin pencari melakukan crawling, cepat mengindex dan akan memberikan peringkat lebih tinggi dibandingkan website yang memiliki skor rendah. 

Contoh Search Engine Optimization


Sebagaimana disebutkan diatas, blog mimin ini merupakan blog baru yang memiliki skor masih rendah. Mimin melakukan riset kata kunci untuk dijadikan artikel, maka jadilah judul artikel diatas. Kemudian mimin membuat artikel mengenai judul tersebut.

Jika pembaca masuk ke dalam artikel ini, artinya proses On Page yang mimin lakukan berhasil. Kamu bisa melihat apa saja yang ada dalam artikel ini yang perlu ada / diperhatikan agar artikel yang kita buat mendapatkan peringkat baik di mesin pencari.

Jadi kamu bisa amati, meniru, serta melakukan modifikasi untuk diterapkan pada website/blog kamu. Bukan tidak mungkin kamu juga mendapat peringkat yang baik.

Nah jika diperlukan dan kamu merasa membutuhkan bimbingan lebih lanjut untuk memahami cara kerja search engine optimization, kamu bisa menghubungi mimin melalui formulir kontak yang sudah disediakan.

Apabila kamu berada di wilayah Jabodetabek, maka kita bisa melakukan proses bimbingan secara langsung. 

Jabatan SEO


Jabatan seo adalah jabatan yang diberikan sebuah perusahaan yang mempekerjaan tim yang mengerti SEO untuk meningkatkan peringkat dan mendatangkan pengunjung pada website perusahaan yang mempekerjakan mereka.

Dilansir dari tanyadigital.com berikut tugas seorang SEO Manager adalah :

  1. Pengoptimalan situs web, media sosial, dan konten
  2. Mengelola konten situs web
  3. Membangun dan memelihara komunitas online
  4. Negosiasi backlink
  5. Strategi SEO
  6. Organisasi dan perencanaan kampanye
  7. Pemantauan situs web dan analisis pengguna
  8. Manajemen proyek pemasaran digital umum
  9. Penelitian kata kunci
  10. Analisis Pasar
Mimin sendiri belum pernah bekerja secara khusus dibidang SEO pada sebuah perusahaan. Apabila ada teman-teman yang berminat merekrut saya silahkan.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara kerja Search Engine Optimization. (Jac)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar